Selasa, 18 Agustus 2015

BNNK KUANSING GELAR ADVOKASI ORMAS PP MUHAMMADIYAH CABANG LUBUK JAMBI


TELUK KUANTAN. Maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Kabupaten Kuantan Singingi belakangan ini membuat BNNK Kuansing semakin gencar melakukan pencegahan dan pemberantasan. Untuk pencegahan, BNNK Kuansing menggelar kegiatan Advokasi bagi Ormas PP Muhammadiyah Cabang Lubuk Jambi di Aula MTS Muhammadiyah Lubuk Jambi, Selasa (18/8). Hadir Ketua PP Muhammadiyah cabang Lubuk Jambi Guspan, S.Ag, narasumber Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal, S.H. dan Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Rina Astuti, A.Md. Kep serta Staf BNNK Kuansing Gusti Rahmad, SKM sebagai moderator. 

Sebagai Narasumber pertama, Kepala BNNK Kuansing memaparkan Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. Narasumber menjelaskan pasal 4 dan pasal 54 dalam UU Narkotika tersebut. Dimana dalam pasal 4 disebutkan bahwa Undang-undang Narkotika bertujuan untuk menjamin ketersediaan narkotika untuk pengobatan, mencegah penyalahgunaan narkotika, memberantas peredaran gelap narkotika serta menjamin upaya rehabilitasi bagi penyalahguna dan pecandu narkotika. Dalam pasal 54 dijelaskan tentang rehabilitasi, dimana pecandu narkotika dan korban penyalahgunaan narkotika wajib menjalani rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial. 

Sementara itu Rina Astuti, A.Md. Kep memaparkan dampak narkoba bagi kesehatan serta program Rehabilitasi 100.000 pecandu narkotika. Para pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika yang melapor ke BNNK Kuansing akan dipulihkan melalui proses rehabilitasi. Narasumber berharap peserta dapat menyebarluaskan informasi tentang rehabilitasi ini sehingga diharapkan kedepannya tidak ada lagi masyarakat kuansing yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba. 


Kegiatan ini diwarnai dengan dialog interaktif yang menarik, banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada narasumber menggambarkan antusiasme peserta yang begitu tinggi dalam mendengar dan memahami penjelasan tentang narkoba dan program rehabilitasi. Dengan antusiasme yang tinggi ini, Ormas PP Muhammadiyah Cabang Lubuk Jambi dapat menjadi partner BNNK Kuansing dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di kabupaten Kuantan Singingi ini. 

0 komentar:

Poskan Komentar