Jumat, 11 September 2015

TES URINE, BNNK KUANSING SINERGIKAN PROGRAM P4GN DENGAN INSTANSI PEMERINTAH


TELUK KUANTAN. “Indonesia Darurat Narkoba”, situasi ini membuat Pemerintah Republik Indonesia menggulirkan program Rehabilitasi 100.000 pecandu dan korban penyalahguna narkoba tahun 2015 ini. Diperlukan sinergisitas seluruh stakeholder terkait demi mencapai target rehabilitasi tersebut. BNNK Kuansing terus berupaya menciptakan sinergisitas antar instansi pemerintah. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan tes urine bagi instansi pemerintah. Dalam minggu kedua September 2015 ini BNNK Kuansing telah menggelar rangkaian kegiatan tes urine sebanyak 2 (dua) kali. 

Tes urin pertama yang digelar BNNK Kuansing menyasar seluruh pegawai Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan Singingi pada Selasa (8/9/2015). Setelah melakukan briefing persiapan, seluruh personel BNNK Kuansing merapat ke kantor Dinas Perhubungan Kuansing di Komplek perkantoran Pemkab Kuansing. Kedatangan rombongan BNNK yang mendadak dan tanpa pemberitahuan ini cukup mengejutkan pegawai yang ada di kantor. Total 43 pegawai yang hadir di kumpulkan di aula untuk diberikan arahan oleh Kepala Dinas Perhubungan Ir. Mashuri dan Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal, S.H. 

Kadis Perhubungan berpesan kepada seluruh pegawai untuk dapat mengikuti tes urine dengan seksama tanpa perlu takut karena kegiatan ini termasuk dalam agenda pembinaan pegawai sekaligus untuk mensinergikan program P4GN antara Pemkab dan BNNK Kuansing. Kepala BNNK Kuansing mengharapkan dengan adanya tes urine ini dapat mensinergikan program P4GN antar instansi pemerintah. Bagi pegawai yang terindikasi positif dari hasil pemeriksaan akan dipulihkan melalui rehabilitasi, ujarnya. 

Berselang dua hari kemudian tepatnya kamis (10/9/2015) tim tes urin BNNK Kuansing merapat ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kuantan Singingi dan disambut langsung oleh Kadisdukcapil Drs. H. Syoffaizal, M.Si Seluruh pegawai Disdukcapil mulai dari pimpinan, pejabat eselon hingga seluruh staff yang berjumlah 37 orang dilakukan pemeriksaan urine. Untuk hasil pemeriksaan urine kedua instansi tersebut akan dibuatkan dalam sebuah laporan hasil pemeriksaan yang akan dikirimkan kepada masing-masing instansi. 

Semakin intensifnya kegiatan tes urin yang dilakukan oleh BNNK Kuansing di instansi pemerintahan belakangan ini tak terlepas dari hasil penelitian yang menyebutkan bahwa 50,34 % pengguna narkoba adalah pekerja swasta, instansi pemerintah dan wiraswasta. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat mencegah masuknya peredaran gelap narkoba di instansi pemerintah sekaligus menciptakan imunitas bagi seluruh aparatur sipil negara di kabupaten Kuantan Singingi. 
 

0 komentar:

Poskan Komentar