Rabu, 04 Mei 2016

GIAT P4GN, KEPALA BNNK PIMPIN APEL PAGI DI KANTOR BUPATI

TELUK KUANTAN. Dalam rangka sinergisitas peningkatan koordinasi pengambilan apel pagi di kantor Bupati Kuantan Singingi maka perlu menyatukan persepsi antara Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi agar rencana aksi dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dapat berjalan sesuai dengan harapan. Sinergisitas ini sangat penting dilakukan mengingat perkembangan penyalahgunaan Narkoba saat ini sudah sangat mengkhawatirkan sehingga harus segera ditangani secara komprehensif, terpadu, dan berkesinambungan.

Adapun kegiatan Sinergisitas Peningkatan Koordinasi dalam Pengambilan Apel Pagi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 4 Mei 2016 di di Kantor Bupati Kuantan Singingi. Adapun sebagai pengambil apel adalah Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi Wim Jefrizal, SH yang memberikan paparan tentang program kerja Badan Narkotika Nasional, diantaranya sebagai berikut :

1. Program kerja Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat.
Mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan P4GN, kebijakan teknis P4GN, diseminasi informasi dan advokasi, pemberdayaan alternatif dan peran serta masyarakat, dan evaluasi dan pelaporan di bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat dalam wilayah Kabupaten/Kota.

2. Program kerja Rehabilitasi
Melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan, kebijakan teknis P4GN, asesmen penyalahguna dan/atau pecandu narkotika, peningkatan kemampuan lembaga rehabilitasi medis dan rehabilitasi sosial penyalahguna dan/atau pecandu narkotika baik yang diselenggarakan pemerintah maupun masyarakat, peningkatan kemampuan layanan pascarehabilitasi dan pendampingan, penyatuan kembali ke dalam masyarakat, dan evaluasi dan pelaporan di bidang rehabilitasi dalam wilayah Kabupaten/Kota.

3. Program kerja Pemberantasan
Melakukan penyiapan bahan pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana strategis dan rencana kerja tahunan, kebijakan teknis P4GN, administrasi penyelidikan dan penyidikan terhadap tindak pidana narkotika, pengawasan distribusi prekursor sampai pada pengguna akhir, dan evaluasi dan pelaporan di bidang pemberantasan dalam wilayah Kabupaten/Kota.

Selanjutnya setelah Apel Pagi dilanjutkan pemeriksaan kegiatan tes urine terhadap Pegawai guna mengantisipasi peredaran gelap narkoba di lingkungan kerja khususnya di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, diharapkan kegiatan tes urine ini dapat dilakukan secara berkala, agar Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi dapat mengalokasikan anggaran untuk melakukan kegiatan tes urine kepada seluruh pegawai. Pelaksanaan tes urine dilakukan secara acak dan sukarela yakni 4 orang, diantaranya Asisten Pemerintahan, Kabag Umum dan 2 orang staff.

Dengan telah dilaksanakan Kegiatan Sinergisitas Peningkatan Koordinasi Pengambilan Apel Pagi di Kantor Bupati Kuantan Singingi kepada Pegawai di Kantor Bupati Kuantan Singingi, secara data kuantitatif jumlah pecandu yang telah ditangani BNNK kuansing tahun 2015 sebanyak 11 orang dan 2016 sampai dengan bulan mei sebanyak 14 orang sehingga dibutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang operasional perkantoran dan peningkatan SDM diperlukan lahan perkantoran dan rehabilitasi maka diharapkan dapat menekan angka Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Kabupaten Kuantan Singingi.

0 komentar:

Poskan Komentar