Selasa, 31 Januari 2017

BNNK KUANSING TAJA KEGIATAN ASISTENSI PENGUATAN PEMBANGUNAN BERWAWASAN ANTI NARKOBA KEPADA INSTITUSI PENDIDIKAN

TELUK KUANTAN. Dalam rangka upaya Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Institusi Pendidikan, BNNK Kuantan Singingi melalui seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat melaksanakan kegiatan Asistensi Penguatan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba kepada Institusi Pendidikan (Rabu/25/1/17) yang bertempat di Wisma Hasanah Teluk Kuantan. Adapun peserta kegiatan ini berjumlah 30 orang terdiri dari Kabid/Kasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Pengawas SMA/SMK dan Kepala UPTD Pendidikan seluruh Kecamatan.

Hadir pada kegiatan ini Kepala Dispora Kabupaten Kuantan Singingi Jupirman, S.Pd yang bertindak langsung sebagai narasumber pertama, Kepala BNNK Kuantan Singingi Wim Jefrizal, S.H sebagai narasumber kedua dan Kasi P2M BNNK Kuantan Singingi Rina Astuti, A.Md.Kep sebagai narasumber ketiga. Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Jupirman, S.Pd menyampaikan bahwa institusi pendidikan selalu bersinergi dengan BNNK Kuantan Singingi dalam melakukan pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba, terutama di kalangan pelajar. Pencegahan yang dilakukan di institusi pendidikan salah satunya dengan melakukan sosialisasi penyalahgunaan dan bahaya narkoba yang diagendakan pada saat apel pagi di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD, SMP, dan SLTA. Kadispora juga menuturkan bahwa untuk melakukan pencegahan, semua stakeholder yang ada harus berpartisipasi aktif dalam memahami penyalahgunaan narkoba. “Penyalahgunaan narkoba juga merupakan tanggung jawab kita semua, jangan dilimpahkan kepada masyarakat saja. Kita harus bisa mengamati kondisi dan situasi di lingkungan sekolah dan menggalang potensi yang ada di sekolah demi untuk mewujudkan P4GN”, ujarnya.

Kepala BNNK Kuantan Singingi Wim Jefrizal, S.H selaku pemateri kedua menjelaskan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, pemahaman tentang kebijakan asistensi di institusi pendidikan, serta penjelasan tentang tujuan pembangunan berwawasan anti narkoba. Kepala menegaskan bahwa salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini yakni untuk meningkatkan komitmen dan sinergisitas seluruh komponen bangsa dalam upaya penanganan permasalahan narkoba melalui program pembangunan pada seluruh Kementerian/Lembaga/Daerah. Disamping itu, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Rina Astuti, A.Md.Kep dalam materinya menyampaikan penjelasan tentang asistensi, paparan terkait Narkotika Golongan I, II dan III serta penyampaian tentang rehabilitasi penyalahguna narkoba. Kasi P2M berharap kegiatan ini dapat mendorong Institusi pendidikan dalam menyampaikan sosialisasi bahaya narkoba kepada siswa/siswi yang ada di sekolah. Dalam hal ini, para guru dan siswa bisa diberdayakan menjadi penggiat anti narkoba. Kegiatan ini sekaligus mempererat kerjasama antara BNNK Kuantan Singingi, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan UPTD terkait dalam melakukan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Institusi Pendidikan. (Humas)

0 komentar:

Poskan Komentar