Berita Kegiatan

BNNK KUANSING GELAR TALKSHOW P4GN PERKUAT KETAHANAN MASYARAKAT DESA TERATAK RENDAH

Dibaca: 0 Oleh 19 Sep 2019Desember 8th, 2020Tidak ada komentar
BNNK KUANSING GELAR TALKSHOW P4GN PERKUAT KETAHANAN MASYARAKAT DESA TERATAK RENDAH

TELUK KUANTAN.  Meningkatkan ketahanan masyarakat desa terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba adalah salah satu langkah preventif yang harus dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi dalam menghadapi perang melawan narkoba yang semakin mengkhawatirkan. Untuk itu, BNNK Kuansing melalui seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menggelar kegiatan diseminasi informasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba narkoba (P4GN) melalui talkshow dengan menyasar peserta masyarakat desa Teratak Rendah Kecamatan Logas Tanah Darat pada hari Kamis, 19 September 2019.

Bertempat di Balai Pertemuan Desa Teratak Rendah, BNNK Kuansing mengundang 50 peserta yang terdiri dari perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuda, serta ibu-ibu PKK. Pemilihan desa Teratak Rendah sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan juga tak lepas dari peran aktif pemerintah desa Teratak Rendah yang menginginkan desa mereka menjadi salah satu desa yang akan dicanangkan menjadi desa bersih narkoba (bersinar).

BNNK KUANSING GELAR TALKSHOW P4GN PERKUAT KETAHANAN MASYARAKAT DESA TERATAK RENDAH

Dalam pemaparannya, Kepala BNNK Kuansing Wim Jefrizal, S.H. menjelaskan terkait program desa bersinar sebagai bagian strategis untuk mitigasi menghentikan supply reduction (pengurangan pemasokan) dan demand reduction (pengurangan permintaan) terhadap narkoba. Pencanangan desa bersinar dapat dioptimalkan dengan dukungan anggaran untuk kegiatan P4GN melalui pos peningkatan sumber daya manusia untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat desa. Narasumber berharap sinergitas lintas sektor baik itu BNNK, pemerintah desa, babinkamtibmas, babinsa dan puskesmas untuk mewujudkan desa bersinar tersebut.

Sementara itu, Kasi P2M BNNK Kuansing Rina Astuti, A.Md. Kep. yang tampil sebagai narasumber berikutnya memaparkan terkait beberapa indikator desa bersinar diantaranya adanya kegiatan P4GN yang dilakukan masyarakat desa baik itu kampanye stop narkoba maupun sosialisasi P4GN, pembentukan relawan anti narkoba yang proaktif, pembentukan regulasi peraturan desa tentang P4GN, serta pembentukan agen pemulihan bagi masyarakat yang dalam proses pasca rehabilitasi.

Dari pemantauan tim humas BNNK Kuansing, tampak hadir Kanit reskrim Polsek LTD Aiptu Masfauzi, Danpos LTD Koramil 07 Kuantan Hilir Pelda Damhuri serta kepala puskesmas Perhentian Luas Novriwan Malus. Aiptu Masfauzi yang ditemui tim humas disela-sela kegiatan menyampaikan perlunya kepedulian masyarakat terhadap bahaya narkoba ini. Masyarakat hendaknya mau melaporkan peredaran narkoba yang terjadi didesanya kepada pihak yang berwajib.

BNNK KUANSING GELAR TALKSHOW P4GN PERKUAT KETAHANAN MASYARAKAT DESA TERATAK RENDAH

Kegiatan talkshow ini ditutup dengan dialog interaktif antara peserta dan narasumber seputar permasalahan narkoba di desa Teratak Rendah. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memperkuat ketahanan dan imunitas masyarakat desa dari bahaya serbuan narkoba dan cita-cita memujudkan desa bersih narkoba dapat tercapai. STOP NARKOBA!. (HUMAS)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel