Berita Kegiatan

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Dibaca: 1 Oleh 16 Okt 2019Desember 8th, 2020Tidak ada komentar
SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

TELUK KUANTAN. Melanjutkan program kerja BNN Kabupaten Kuantan Singingi dalam hal pemberdayaan masyarakat, melalui seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Kuantan Singingi kembali menggelar kegiatan bimbingan teknis penggiat anti narkoba bagi para penggiat anti narkoba di lingkungan pendidikan pada hari Selasa dan Rabu, 15 dan 16 Oktober 2019. Hadir pada kegiatan tersebut 20 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah dari beberapa sekolah di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam 2 (dua) hari pelaksanaan kegiatan yang bertempat di ruang pertemuan RM Sederhana ini, BNNK Kuansing menghadirkan 8 (delapan) sesi paparan narasumber untuk menambah pemahaman dan pengetahuan penggiat anti narkoba agar mereka dapat langsung bekerja di lingkungan mereka. Sesi paparan tersebut diisi oleh 6 orang narasumber diantaranya Kepala BNNK Kuansing, Kejari Kuansing, Kasubbag Umum, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Kasi Rehabilitasi, dan Plt. Kasi Pemberantasan BNNK Kuansing.

Hari pertama kegiatan dimulai dengan paparan Kepala Kejari Kuansing yang diwakili oleh Kasubsi Intel Teguh Prayogi, S.H., M.H. diawal pemaparannya menyampaikan gambaran umum company profile Kejaksaan RI, alur penanganan perkara narkotika, dan program jaksa masuk sekolah dan duta anti narkoba yang dilaksanakan oleh kejaksaan. Selain itu, narasumber juga berbagi pengalaman selama menangani perkara narkotika .

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Sementara itu, Kepala BNNK Kuantan Singingi Wim Jefrizal, S.H. memaparkan terkait strategi pemberdayaan masyarakat yang dilakukan BNNK diantaranya titik fokus garapan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), peran serta masyarakat dalam UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. Narasumber juga menekankan para penggiat anti narkoba harus mampu menanamkan nilai positif ke peserta didik sehingga menjadikan karakter generasi yang baik dan kemudian dikuatkan dengan regulasi yang jelas dan didukung leadership yang kuat dapat menjadi role model bagi peserta didik.

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Kasi Rehabilitasi BNNK Kuansing Eldy Kasra, S.Kep. yang tampil berikutnya, menjelaskan terkait konseling dasar adiksi dan peran orang tua dalam rehabilitasi. Narasumber juga menyampaikan kebijakan wajib lapor pecandu narkotika sesuai PP 25 tahun 2011, kriteria dan proses rehabilitasi klien rawat jalan di BNNK Kuantan Singingi, assesmen terpadu bagi penyalahguna narkoba yang berhadapan dengan hukum, dan terakhir terkait pelibatan orang tua dalam penanganan masalah adiksi.

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Sesi terakhir hari pertama diisi oleh Kasubbag Umum Syawal Diyus, S.Si. yang menjelaskan tentang arah kebijakan startegis institusi pendidikan dalam upaya P4GN untuk mewujudkan sekolah bersinar. Hal lain yang disampaikan oleh narasumber diantaranya adanya fakta beberapa kasus oknum guru yang terlibat masalah tindak pidana narkoba, hasil survey prevalensi penyalahgunaan narkoba tahun 2018 yang dilakukan oleh Puslitdatin BNN RI dan LIPI, lalu peran sekolah dalam P4GN serta strategi yang dilakukan sekolah untuk menciptakan sekolah yang bersih narkoba.

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Memasuki hari kedua pelaksanaan kegiatan, sesi pertama diisi oleh pemateri Plt. Kasi Pemberantasan BNNK Kuansing Yenny Rahayudingdyah SY, S.H. yang menjelaskan terkait aspek hukum P4GN dengan poin-poin penyampaian analogi daya rusak narkoba, kebijakan penanganan masalah narkoba yang humanis kepada penyalahguna dan tegas kepada Bandar, strategi penindakan kejahatan narkotika, kemudian terkait pola penanganan masalah narkotika.

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Sesi selanjutnya diisi oleh Kepala BNNK Kuansing yang memaparkan terkait strategi pencegahan yang dilakukan dalam kerangka P4GN. Narasumber juga menjelaskan tentang penguatan kelembagaan instansi pendidikan dalam P4GN, serta maraknya peredaran NPS (New Psycoactive Substance) yang diharus di waspadai dan di antisipasi oleh para penggiat anti narkoba.

Sesi ketiga dan keempat diisi oleh Kasi P2M Rina Astuti, A.Md. Kep. yang memaparkan terkait teknik public speaking yang harus dimiliki oleh penggiat anti narkoba. Narasumber menekankan pentingnya kemampuan komunikasi persuasif, serta penguasaan materi yang harus dimiliki oleh penggiat anti narkoba. Terakhir narasumber menjelaskan terkait rencana aksi P4GN penggiat anti narkoba, dimana setiap peserta harus membuat rencana aksi P4GN yang akan dilaksanakan di masing-masing sekolah kemudian dipaparkan di depan forum.

SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA SELENGGARAKAN BIMTEK, BNNK KUANSING HARAPKAN PENGGIAT ANTI NARKOBA SEGERA BEKERJA

Tidak hanya mendengarkan pemaparan dari narasumber setiap sesinya, para penggiat juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi dengan narasumber. Kesempatan diskusi ini dimanfaatkan oleh peserta kegiatan untuk mendalami pengetahuan terkait narkotika secara menyuluruh serta berkonsultasi terkait rencana aksi yang akan mereka lakukan di lingkungan sekolah mereka.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian sertifikat penggiat anti narkoba serta perlengkapan peserta berupa flashdisk  berisi materi narasumber sebagai bahan pembelajaran peserta di sekolahnya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan semakin meningkatkan kapasitas para penggiat anti narkoba agar bisa melaksanakan rencana aksi terkait P4GN di lingkungan sekolah mereka. Keberhasilan pelaksanaan rencana aksi P4GN yang dilakukan oleh penggiat akan sangat mendukung pencapaian lingkungan sekolah yang bersih dari narkoba. STOP NARKOBA !!! (HUMAS)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel