Berita Kegiatan

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

Dibaca: 1 Oleh 23 Des 2019Desember 8th, 2020Tidak ada komentar
PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

TELUK KUANTAN. Peredaran narkotika saat ini sudah sangat memprihatinkan dan mengancam sendi berbangsa dan bernegara. Permasalahan narkotika terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini menyebabkan usaha membangun manusia yang sehat dan unggul bukan urusan yang mudah. Permasalahan narkotika yang merupakan extraordinary crime harus diatasi dengan cara yang ”extraordinary” juga.

Oleh karena itu Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi atau biasa disingkat dengan BNNK Kuansing sebagai instansi vertikal menggandeng semua stakeholder untuk memberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Sepanjang tahun 2019, BNNK Kuansing telah melaksanakan berbagai kegiatan dan melakukan beberapa pencapaian dalam upaya menekan jumlah penyalahgunaan narkoba dan memerangi peredaran gelap narkoba.

Saat ini BNNK Kuansing dalam menjalankan tugasnya didukung oleh 3 seksi dan 1 Subbag Umum. Seksi yang ada di tingkat BNNK yakni Seksi Pencegahan & Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Seksi Rehabilitasi dan Seksi Pemberantasan. Personil BNNK Kuansing pada saat ini berjumlah 27 pegawai yang terdiri dari 13 orang PNS dan 14 orang TKK.

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019   PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

BNNK Kuansing sebagai Instansi Vertikal di daerah secara kelembagaan perlu menyampaikan kepada publik terkait capaian kinerja selama tahun 2019. Program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) berdasarkan penetapan kinerja Badan Narkotika Nasional Kabupaten Kuantan Singingi Tahun 2019, antara lain :

I. PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Sepanjang tahun 2019, Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) telah melaksanakan kegiatan sebanyak 151 kegiatan yang terdiri dari 96 kegiatan yang berasal dari DIPA dan 56 kegiatan dari Non DIPA.

  • PENCEGAHAN
  1. Data Sebaran Informasi Kegiatan Diseminasi Informasi P4GN

Jumlah masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi yang terpapar informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yakni sebanyak 34.465 orang yang terdiri dari 24.757 orang dalam kegiatan DIPA dan 9.708 orang dalam kegiatan Non DIPA. Dengan jumlah penduduk Kabupaten Kuantan Singingi sebanyak 317.935 jiwa (data BPS 2016), diawal ditargetkan sebaran informasi sebesar 22.255 jiwa, namun sampai di akhir triwulan IV capaian sebaran informasi mencapai 34.465 jiwa. Masyarakat yang terpapar tersebut berasal dari Instansi Pemerintah, Pekerja, Pelajar/Mahasiswa dan Kelompok Masyarakat.

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019   PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

Diseminasi Informasi dilakukan melalui beberapa media antara lain : media konvensional (tatap muka secara langsung), media cetak, media online, media penyiaran dan media luar ruang.

  1. Diseminasi Informasi P4GN melalui tatap muka

Dengan sasaran Instansi Pemerintah, Pekerja, Pelajar/Mahasiswa dan Kelompok Masyarakat dalam kegiatan Diseminasi Informasi P4GN melalui Tatap Muka telah terpapar sebanyak 14.642 orang.

  1. Relawan Anti Narkoba yang terbentuk.

Sepanjang tahun 2019, BNNK Kuansing telah membentuk Relawan Anti Narkoba sebanyak 60 orang dengan rincian yakni 30 orang berasal dari 6 Institusi Pendidikan dan 30 orang dari 4 Organisasi (Kelompok Masyarakat).

  1. Advokasi Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba.

BNNK Kuansing berhasil melakukan advokasi sebanyak 7 kali melebihi target semula yakni 3 advokasi. Dari kegiatan advokasi ini melahirkan output yaitu regulasi/kebijakan/edaran, kegiatan P4GN, dan terbentuknya Relawan Anti Narkoba.

Kebijakan Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba (Bang Wawan) bertujuan untuk mendorong pembentukan kebijakan yang akan memperluas jangkauan Program P4GN di Kabupaten Kuantan Singingi.

 

  1. Desa Bersinar (Bersih Narkoba)

BNNK Kuansing juga telah menunjuk 3 desa di Kabupaten Kuantan Singingi sebagai Pilot Project Desa Bersinar. Desa dimaksud yaitu Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah, Desa Sangau Kecamatan Kuantan Mudik dan Desa Teratak Rendah Kecamatan Logas Tanah Darat.

Strategi Desa Bersinar antara lain :

  1. Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat di desa melalui kegiatan seperti konseling, gerakan masyarakat, dan jaminan sosial dengan melibatkan relawan anti narkoba.
  2. Relawan Anti Narkoba. Kepala Desa membentuk Relawan Anti Narkoba dari Komunitas Desa.
  3. Membentuk Agen Pemulihan yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas Pendukung, Bidan Desa, Organisasi Pemuda, dan Relawan Anti Narkoba.

 

  • PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
  1. Penggiat Anti Narkoba yang terbentuk.

Telah terbentuk Penggiat Anti Narkoba sebanyak 80 orang yang terdiri dari 20 orang berasal dari 10 Instansi Pemerintah, 20 orang dari 3 Instansi Swasta/Dunia Usaha, 20 orang dari 3 Lingkungan Masyarakat dan 20 orang dari 10 Lingkungan Pendidikan.

  1. Nilai Indeks Kemandirian Partisipasi (IKP)

Nilai IKP di Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Lingkungan Pendidikan dan Lingkungan Masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi termasuk kriteria Sangat Mandiri.

Pengembangan kapasitas atau peningkatan kemampuan sebagai subjek pembangunan merupakan salah satu langkah yang dilakukan BNNK Kuansing dalam membentuk masyarakat yang imun terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

  1. Tes Urine.

Dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkoba, sepanjang tahun 2019 BNNK Kuansing telah melaksanakan tes urine terhadap 165 orang yang berasal dari Instansi Pemerintah (62 orang) dan Lingkungan Masyarakat (68 orang). Hasil keseluruhan tes tersebut menunjukkan hasil negatif (-).

Deteksi dini ini dilakukan untuk meningkatkan kewaspadaan diri terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba serta membatasi ruang lingkup dari peredaran gelap narkoba.

  1. Implementasi Inpres No 6 Tahun 2018.

Pelaksanaan Inpres No 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018 – 2019 di Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi telah menjalankan beberapa program oleh OPD-OPD terkait diantaranya : Sosialisasi bahaya Narkotika dan Prekursor Narkotika serta informasi tentang P4GN kepada Pegawai Aparatur Sipil Negara, Pembentukan regulasi tentang P4GN, Pelaksanaan tes urine, dan Pembentukan Satuan Tugas/ Relawan Anti Narkotika dan Prekursor Narkotika.

 

II. REHABILITASI

Dalam rangka menekan angka laju penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba selain pencegahan dan pemberantasan, BNNK Kuansing melakukan rehabilitasi terhadap korban penyalahgunaan narkoba. Rehabilitasi yang dilakukan sesuai dengan asesmen awal yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keparahan kecanduan narkoba dari calon klien. Hasil akhir yang diharapkan setelah klien selesai menjalani program rehabilitasi adalah klien tersebut dapat pulih dari ketergantungan narkoba dan cakap dalam menjalankan fungsi sosial serta ekonominya ditengah-tengah masyarakat.

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019   PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

Beberapa kegiatan BNNK Kuansing di Seksi Rehabilitasi diantaranya :

  1. Fasilitas Rehabilitasi Instansi Pemerintah.

Dari target 2 fasilitas telah terealisasi 2 fasilitas yakni Klinik Pratama BNNK Kuansing dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teluk Kuantan.

  1. Layanan Rehabilitasi Rawat Jalan.

Telah terealisasi rehabilitasi rawat jalan sebanyak 32 orang atau 92 % dari target sebanyak 35 orang. Dari 32 orang tersebut terdiri dari 23 residen voluntary dan 9 residen compulsary.

  1. Fasilitas Rehabilitasi Komponen Masyarakat.

Telah terealisasi 1 lembaga rehabilitasi komponen masyarakat yakni Klinik Duta Kuansing Medika.

  1. Layanan Rehabilitasi Komponen Masyarakat.

Terealisasi 100 % atau sebanyak 5 orang telah selesai melakukan rehabilitasi di Klinik Duta Kuansing Medika.

  1. Tim Asessmen Terpadu (TAT)

Kegiatan TAT telah terlaksana sebanyak 1 kali kegiatan dari 2 kegiatan yang direncanakan.

 

 III. PEMBERANTASAN

Kegiatan pemberantasan di BNNK Kuansing tidak terealisasi disebabkan belum adanya personil penyidik. Kekurangan personil, terutama penyidik menjadi kendala utama bagi BNNK Kuansing dalam hal penindakan pelaku kejahatan narkotika.

BNNK Kuansing juga telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak yang dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) atau Perjanjian Kerja Sama (PKS). Tercatat sepanjang tahun 2019, BNNK Kuansing telah menjalin kerjasama terkait P4GN dengan 13 instansi/lembaga lain guna memaksimalkan pencapaian program P4GN di Kabupaten Kuantan Singingi.

Disamping beberapa kegiatan terkait P4GN seperti yang telah dijelaskan diatas, BNNK Kuansing juga melakukan kegiatan kehumasan guna mempublikasikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan BNNK Kuansing kepada masyarakat luas.

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019   PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

Kegiatan Humas BNNK Kuansing antara lain :

  1. Kampanye Stop Narkoba.

Sepanjang periode Januari – Desember 2019, BNNK Kuansing juga melakukan Kampanye Stop Narkoba ke area publik atau pusat-pusat keramaian seperti pasar-pasar tradisional. Sebanyak 15 lokasi pasar di berbagai kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi telah dikunjungi Tim Kampanye Stop Narkoba BNNK Kuansing.

Tujuan kampanye dilakukan adalah untuk mengenalkan program-program terutama terkait Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika yang dilakukan BNNK Kuansing ke tengah-tengah masyarakat langsung.

  1. Pemanfaatan Media Online dan Media Sosial.

Humas BNNK Kuansing memiliki beberapa konten media sosial yang dapat diakses oleh masyarakat seperti Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan juga website resmi di alamat kuansingkab.bnn.go.id.

  1. Press Release Akhir Tahun 2019.

Kegiatan BNNK Kuansing sepanjang tahun 2019 dipublikasikan kepada masyarakat dengan mengundang rekan-rekan media baik media cetak, media elektronik maupun media online. Kepala BNNK Kuansing memaparkan capaian kinerja selama tahun berjalan.

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA AKHIR TAHUN 2019

Dan diakhir tahun 2019 ini, BNNK Kuansing mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya program P4GN terutama di Kabupaten Kuantan Singingi. Apresiasi disampaikan kepada para Penggiat Anti Narkoba, Relawan Anti Narkoba, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan rekan-rekan wartawan atas dukungannya sehingga upaya P4GN dapat terlaksana dengan baik.

Dengan keberhasilan dan pencapaian target yang telah diraih di tahun 2019, BNNK Kuansing tidak berpuas diri dan terus berusaha meningkatkan kinerjanya dengan berbagai upaya dan tentu sesuai dengan semangat nilai-nilai organisasi BNN RI yakni Berani, Nasionalisme, Netral, Responsif dan Inovatif. BNNK Kuansing berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mampu bersinergi dan bersatu padu dalam rangka menyatakan ”Perang terhadap Narkoba” serta mampu menggalang seluruh kekuatan untuk mewujudkan masa depan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel